Relawan Tanggap Bencana Covid 19 Desa Kiping

Penyebaran Covid 19/ corona semakin meluas dan mengkhawatirkan masyarakat. Dalam rangka memutus penyebaran Covid 19, diperlukan langkah cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergi antara Pemerintah Desa dengan instansi terkait.
Sebagai upaya antisipasi melawan corona, Pemerintah Desa Kiping, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung membentuk Tim Relawan Tanggap Bencana Covid 19 yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, Petugas Kesehatan, Bhabinkamtibmas, BPD, Karang Taruna, Ketua RT, Ketua RW, Linmas, dan Tokoh Masyarakat.
Relawan tersebut menjadi pasukan garda terdepan yang memiliki beberapa tugas seperti memberikan sosialisasi terkait pencegahan, gejala, dan cara penularan covid 19 kepada semua lapisan masyarakat, serta melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga desa yang baru datang dari luar kota/ luar negeri. Selain itu juga melakukan pemantauan perkembangan Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien dalam Pantauan (PDP) COVID 19.

Kamis (2/4/2020), Bapak Ngat Sumanto selaku Kepala Desa Kiping memastikan tidak ada kegiatan warga yang bersifat mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan, atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya selama covid 19 belum teratasi.

Ibu Ihda selaku Bidan Desa menyampaikan,”Saat ini sebanyak 27 warga yang baru datang dari luar Kabupaten Tulungagung sudah kami periksa kesehatannya dan sudah kami data”.

“Pada saat melakukan kunjungan/ pemeriksaan ke rumah warga yang baru datang dari luar kota, kami dari tenaga kesehatan juga memberikan penyuluhan terkait pencegahan, gejala, dan cara penularan covid 19. Selain itu, warga yang pulang dari luar kabupaten tetap kami pantau dan juga kami beri pengertian untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari. Apabila selama masa isolasi mengalami keluhan seperti demam, batuk, sesak, atau gejala corona lainnya diwajibkan untuk segera menghubungi pihak kesehatan”, Ujar Bu Ihda.

“Harapannya dengan adanya gerakan seperti ini penyebaran covid 19 bisa segera teratasi dan kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat tetap terjaga. Warga yang saat ini berada diluar kota ingin pulang ke Tulungagung dan kepulangannya masih bisa ditunda (tidak mendesak) diharapkan jangan pulang dulu sampai kondisi pandemik ini berakhir, karena saat ini Tulungagung sudah masuk red zone”, Imbuhnya.

Pemerintah Desa Kiping tetap menghimbau kepada warga apabila tetangganya ada yang baru pulang dari luar kota untuk segera lapor ke RT, RW, atau perangkat desa agar segera dilakukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan.

Selain itu, warga yang pulang dari luar kota diharapkan timbul kesadaran untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan melaporkan diri ke pemerintah desa atau langsung menghubungi tenaga kesehatan.
Mari kita lawan Covid 19 dengan perbanyak berdo’a dan menjaga pola hidup sehat.

Mohon saran Demi Kemajuan Desa Kiping Tercinta…!!!

“KITA BERSATU UNTUK MAJU”

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?