KESENIAN KARAWITAN FORUM ANAK DESA KIPING

Forum Anak Desa Kiping merupakan tempat atau wadah bagi anak-anak SMP dan SMA untuk menggali bakat atau mengisi waktu luangnya dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan bagi anak.

Bentuk Kegiatan yang paling sering dilakukan oleh Forum Anak Desa Kiping ini adalah kegiatan di bidang kesenian yaitu kesenian karawitan. Kegiatan ini diharapkan nantinya akan mampu menumbuhkan kembali pengetahuan anak tentang tradisi, seni, dan budaya lokal sekaligus juga dapat memunculkan bakat-bakat anak yang terpendam. Dengan terus diadakannya kegiatan-kegiatan yang baru dan menarik bagi anak, diharapkan setiap anak memiliki ketertarikan yang kuat untuk bergabung dalam Forum Anak ini.

Hamam Mustopa selaku Pendamping Forum Anak Desa Kiping menyatakan, “Latihan karawitan ini dilakukan secara rutin pada malam hari yaitu seminggu 2 kali pada hari selasa dan hari sabtu. Pelatihnya adalah Pak Dwi dari Desa Bendo. Sedangkan jumlah anak yang tergabung mengikuti kegiatan forum anak ini terdiri dari 40 anak mulai dari SMP sampai dengan SMA”.
“Selain kegiatan di bidang kesenian, setiap seminggu sekali forum anak desa kiping juga mengadakan kegiatan pertemuan rutin dan arisan”, ujar Hamam Mustopa
Kegiatan yang dilakukan Forum Anak ini tidak serta merta mengesampingkan kegiatan belajar anak baik itu kegiatan sekolah maupun kegiatan mengaji. Hal ini menjadikan antara waktu untuk belajar dan waktu untuk bermain berjalan dengan optimal dan seimbang sekaligus mengajarkan pada anak pentingnya rasa tanggung jawab terhadap tugas mereka.
Kegiatan Forum Anak ini dibilang telah sukses dalam membangun rasa cinta anak kepada seni dan tradisi masyarakat sekitar. Hal ini terbukti karena anak-anak yang tergabung dalam kegiatan ini merasa sangat senang dan bersemangat untuk terus berlatih.
Semoga kegiatan forum anak desa kiping semakin sukses dan berkembang, serta membawa Desa Kiping menjadi lebih maju.
KIPING BERSATU UNTUK MAJU….!!!!

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?