Ketua Penggerak PKK Desa Kiping Adakan Senam Aerobik Rutin Untuk Semua Warga Kiping

“Lebih baik mencegah daripada mengobati” dan “Kesehatan Itu Mahal Harganya”.

Itulah kalimat yang sering sekali kita dengar agar kita selalu menjaga kesehatan jasmani. Walaupun terkadang untuk membiasakan perilaku sehat di masyarakat itu terbilang gampang gampang susah. Ibu Susanti selaku Ketua Penggerak PKK Desa Kiping terus menumbuhkan gerakan masyarakat hidup sehat. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk mengikuti senam aerobik secara rutin setiap 2 minggu sekali. Seperti pada Hari Selasa (21/01/2020), Ibu-Ibu Penggerak PKK dan Ibu-ibu dari semua unsur masyarakat Desa Kiping, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung sangat semangat dan antusias  mengikuti kegiatan senam. Selain itu, Bidan Desa dan Perawat Desa juga ikut hadir untuk mengikuti kegiatan senam. Kegiatan senam tersebut rutin dilaksanakan di Balai Desa Kiping setiap 2 minggu sekali yaitu pada Hari Selasa pukul 19.30 WIB dan Minggu pukul 15.00 WIB.

Kegiatan senam ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Posbindu merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu atau kegiatan sejenis posyandu tetapi untuk posbindu sasarannya adalah masyarakat yang berusia 15 tahun sampai 45 tahun.

Gerakan-gerakan senam yang dilakukan menitikberatkan pada meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Tentu, manfaat yang didapatkan tidak hanya berkutat di dua organ tersebut, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat lainnya diantaranya yaitu dapat menjaga berat badan agar tetap ideal, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, mengontrol kadar gula, menurunkan tekanan darah, dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, gerakan yang dilakukan juga gerakan-gerakan senam Body Language (BL) yang menitikberatkan pada otot-otot bagian bawah seperti perut, paha, dan pinggul untuk  membentuk tubuh.

Selain untuk menjaga kesehatan, diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan senam rutin masyarakat juga selalu menjaga silaturahmi antar warga lainnya.

Mohon saran demi kemajuan Desa Kiping tercinta..!!!
“KITA BERSATU UNTUK MAJU”

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?